Senin, 07 Januari 2013

PERAN ORANG TUA DALAMPERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK


PERAN ORANG TUA DALAMPERKEMBANGAN
KEPRIBADIAN ANAK

Makalah
Disusun Guna Memenuhi Tugas

Mata Kuliah : BKI Keluarga
Dosen Pengampu : Yuliyatun,M.Si
 


                                                                                                    



Disusun Oleh :
Bibin Tri Wardani
NIM  : 409032

                  
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) KUDUS
DAWAH/BPI
2011
A.    Latar Belakang Masalah
Ketika seorang ibu melahirkan anak, suatu hal yang selalu ingin diketahui ialah seperti apakah atau seperti apakah atau seperti siapakah anak saya ? ini sesuatu keingin tahu yang bisa, yang wajar  namun anak yang baru diahirkan dalam keadaan  lemah, tidak  berdaya, tidak bisa apa-apa, tiak bisa mengurus diri sendiri, tidak bisa memenuhi kebutuhanya sendiri.
Jadi kia harus bergantung diri pada lingkungannya, lingkungan hidupnya, terutama  dan yang paling khusus lagi ialah ibunya. Ia membutuhkan iuran tangan dari orang lain agar  bisa melangsungkan hidupnya secara   wajar. Jadi bagaiman kehidupan anak dikemudian hari, tergantung bagaimana ia berkembang oleh lingkungan hidupnya. Mengenai lingkungan hidup yang menjadi tokoh hidup ,ialah orang tua,. Merkalah yang berperan langsung atau kadang-kadang tidak langsung, berhubungan terus menerus dengan anak , memberikan perangsangan (stimulasi) melalui berbagai corak komunkasi antara orang tua (terutama ibu) dengan anak.
Lingkungan rumah, khususnya orang tua menjadi teramat ,penting sebagai “tempat persemaian” dari benih-benih yang akan tumbuh dan berkebang lebih lanjut.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dilakukan orang tua untuk memperkembangkan kepribadian anak ?
2.      Faktofaktor apa yang menyebabkan timbulnya ,kenakalan anak ?




C.    Pembahasan
1.      Usaha atau tindakan aktif orang tua untuk memprkembangkan kepribadian anak perlu memperhatikan aspek-aspek perkembangan sebagai berikut :
a.       Pertumbuhan fisik anak
Perlakuan dan pengasuhan yang baik disertai dengan lingkungan nyang memunkunkan anak hidup sehat, jauh dari keadaan yang mempermudah timbulnya penyakit. Termasuk perlunya memahami kebutuhan-kebutuhan ana untuk istirahat, bermain, belajar, sesuai dengan kebutuhan pribadi, patokan umum  dan masa perkembangan anak.
b.      Perkembangan sosial anak
Pergaulan adalah suatu kebutuhan untuk memperkembangkan aspek kebutuhannan soisal anak, melalui hubungan dengan lingkungan sosialnya anak sengaja atau tidak sengaja, langsung atau tidak langsung terpengharuh kepribadiannya.
Tetapi anak sendiri juga punya kemampuan atau kekuatan apakah ia terpengaruh atai sebaliknya tidak mudah terpengaruh oleh dari lingkungan yang baik dengan orang tua dan lingkunganya.  
c.       Perkembangan mental anak
Komunikasi verbal antara orang tua dengan anak khususnya pada tahun-tahun pertama kehidupan  anak, besar pengaruhnya  untuk perkembangan mentalnya.
d.      Perkembangan rohani anak
Pengetahuan anak mengenai perbuatan baik atau tidak baik, boleh atau tidak boleh dilakukan diperoleh dari usaha anak sendiri secara aktif memperhatikan, meniru dan mengolah  dalam alam pikirannya dan  lebih lanjut menjadi sikap dan perilakunya.
Orang tua atau  walinya ikut menanggung dosanya ,karena ia tidak mau mendidik, mengajar dan membimbingnya kearah yang baik dihadapan Allah kelak, ia harus mempertaggung jawabkannhya. Nabi Muhammad SAW bersabda “sesungguhnya allah ta’ala akan meminta pertanggung jawaban kepda setiap pemimpin terhadap kepemimpinanya apakh ia telah menjaganya lebih baik atau menyia-nyiakanya, bahkan allah juga akan memimnta pertanggung jawaban terhadap seorang suami dalam memimpin rumah tangganya” (al-hadis)[1]
Factor-faktor yang menyebabkan timbulnya kenakalan anak
Ø  Faktor Pribadi
a.       Tuntutan dari pihak orang tua terhadap prestasi anak yang sebenarnya melebihi kemampuan dasar yang dimiliki anak.
b.      Ketentuan terhadap anak agar anak bisa memperlihatkan prestasi-prestasi seperti yang diharapkan.
c.       Tekanan dari orang tua agar anak mengikuti berbagai kegiatan.
d.      Kecukupan pada anak kerena tidak berhasil memasuki jurusan yang dukehendaki dan yang tidak di netralisasikan dengan baik oleh orang tua.
Ø  Faktor  keluarga
Lingkunganm keluarga acapkali disebut sebgai lingkungan poendidiikan informal yang mempengaruhi perkembangan anak. Prilaku negative dan berbagai  coraknya adalah akibat dari suasana dan perlawanan negative yang di alami dalam keluarga.
Ø  Lingkungan sosial dan dinamika perubahannya
Kesenjangan antara norma, ukuran patokan dalam keluarga dengan lingkungannya perlu diperkecil agar tidak timbul ,keadaan tiumpang atau serba ttidak menentu yang tanpa kendali , yakni penyimpangan dari berbagai peraturan yang ada.

D.    Kesimpulan
secara singkat, uraian diatas berusaha memaparkan bahwa keterlibatan orang tua dalam proses perkembangan kepribadian ana dan faktor-faktor penyebab timbulnya kenakalan anak diantaranya :
a.       Factor pribadi
b.      Factor keluarga
c.       Lingkungan social dan dinamika perubahannya.

E.     Penutup
demikian makalah yang saya sampaikan kritik dansarean yang saya harapkan untuk mmemperbaiki maklah ini, semoga makalah in bermanfaat.


DAFTAR PUSTAKA
Mahfudz, Syaikh M Jamaluddin, Pesikologi Anak dan Remaja Muslim, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, 2004
Gunarsa, Singgih, dkk, Pesikologi Praktis Anak remaja dan keluarga, PT BPK Gunung Mutiara, Jakarta, 2004 



[1] Mahfudz, Syaikh M Jamaluddin, Pesikologi Anak dan Remaja Muslim, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, 2004, hlm.306-307

Tidak ada komentar:

Posting Komentar